Mencicipi Kuliner Khas Banjarmasin Yang ‘Katanya’ Mantap

Banjarmasin ialah kota yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, dan sekaligus sebagai kota terbesar di provinsi itu. Selain jadi kota besar Banjarmasin merupakan kota tujuan pariwisata yang favorit di Kepulauan Kalimantan. Kota ini tidak cuma menarik dari sisi pariwisatanya tapi pun menarik di bagian kulinernya yang sangat special. Makanan khas dari Banjarmasin pastinya soto banjar, tapi masih adalagi selain itu dan kita bisa merasakannya sekian di luar kota Banjarmasin tapi sekian cuma ada di sekeliling kota Banjarmasin saja. Dibawah ini ada beberapa suguhan kuliner dari Banjarmasin.

  1. Ketupat Kandangan Banjar. Dari namanya saja makanan ini telah terdengar sangat unik. Saat hari raya tentunya beberapa daerah maupun kota punya beberapa makanan yang musti disajikan. Itu pula terjadi di Banjarmasin. Di Banjarmasin berada ketupat kandangan banjar yang umumnya hanya disuguhkan ketika perayaan hari besar seperti Idul Fitri. Ketupat kandangan banjar dibuat dari ikan cakalang dan adalah bahan utamanya. Ikan cakalang dibersihkan dari duri-duri lalu dikukus sampai matang. Selesai matang ikan cakalang itu disuwir-suwir kecil kemudian dicampurkan dengan beragam bumbu rempah yang sudah ditumis semisal bawang merah, putih, serta jahe.
  2. Lontong Banjar. Lontong banjar ialah sajian yang begitu erat hubungannya dengan acara hari raya. Tapi berbeda dengan ketupat kandangan banjar. Santapan satu ini bisa anda jumpai tiap hari. Salah satu menu favorit makan pagi di Banjarmasin. Lontong banjar dibuat dari lontong yang disuguhi olahan sayur nangka. Sayuran itu menggunakan santan jadi kuahnya dan bumbu rempah-rempah semacam kunyit, bawang merah juga laos. Nangka yang normal digunakan tuk makanan ini ialah nangka muda.
  3. Soto Banjarmasin. Soto Banjarmasin ialah satu jenis kuliner Indonesia yang sangat lezat lalu sudah diakui mata dunia sekalipun. Soto Banjarmasin ialah soto yang punya berbagai campuran rempah yang sangat menggoda selera dan menggiurkan. Soto Banjarmasin memakai daging ayam yang disuwir tuk isian dagingnya dan memakai kuah kaldu yang sangat gurih. Kuliner khas Banjarmasin ini amat pas bila dinikmati tuk makan siang ketika hari lagi panas-panasnya maupun ketika cuaca lagi dingin. Karena soto ini punya rasa segar dan amat nikmat bila dinikmati kala masih hangat.
  4. Bubur Hintalu Karuang. Nama ini mungkin masih asing di kuping anda yang tidak pernah berkunjung ke kota Banjarmasin. Bubur ini ialah cemilan khas Banjarmasin tapi cukup mengenyangkan. Bubur bila dilihat sekilas semacam dengan bubur sumsum, yakni berbentuk bola-bola kecil juga berkuah berwarna kuning. Bubur itu tebuat dari ketan serta kuahnya dibikin dari campuran gula merah dan santen.
  5. Kue Lam Bakar Barabai. Kue Lam Bakar Barabai kuliner khas Banjarmasin mungkin akan menjadikan lidah ketagihan begitu mecicipinya. Bila dilihat semacam kue lapis. Dari penampilan memang tak jauh beda namun soal rasa dan bahan-bahan pembuatannya amat berbeda jauh. Kue lam bakar barabai dibuat dari telur bebek yang dipadukan dengan susu kental. Setelah 2 bahan itu dicampurkan dengan bahan-bahan penunjang lain dan dibuat jadi adonan. Kue itu kemudian dibakar sampai matang. Yang unik ialah kue menggunakan santen dalam proses pembuatannya.
  6. Bingka Barandam. Adalah serupa makanan ringan khas Banjarmasin. Sebagaimana namanya makanan ini yaitu kue bingka yang direndam menggunakan sirup gula. Kue bingka yang dibuat dari telur, yang umumnya memakai telur bebek dicampur kuah gula manis menjadikan makanan ini cukup lezat. Cobalah berburu cemilan ini ketika berada di Banjarmasin bila anda penasaran akan rasanya yang kataya manis.

One thought on “Mencicipi Kuliner Khas Banjarmasin Yang ‘Katanya’ Mantap”

Leave a Reply

Your email address will not be published.